Home » Achievements, Banner, Latest News

KOPI KAMPOENG ARAB INDONESIA Goes To Moscow

Submitted on August 22, 2017 – 5:16 am

KOPI KAMPOENG ARAB INDONESIA

Pada tanggal 17 Mei 2017, kami mendapatkan surat undangan dari Disperindag (Dinas Perdagangan) Kota Surabaya yang bertuliskan mengundang kami untuk dapat hadir di Rapat Koordinasi Pameran Dagang di Moscow pada tanggal 19 Mei 2017. Kami sangat terkejut dan excited karena pada dasarnya kita tidak mendaftar untuk apapun di Dinas Perdagangan Kota Surabaya, tetapi tiba tiba mendapatkan undangan untuk mendatangi rapat koordinasi ini. Saat menghadiri Rapat Koordinasi yang di hadiri banyak dari perusahaan perusahaan yg cukup senior dari kami, Kepala Bagian Administrasi Kerjasama, Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kota Surabaya, di Rapat tersebut di jelaskan bahwa Surabaya di undang oleh KBRI (Kedutaan Besar Rakyat Indonesia) Moscow untuk menjadi salah satu tenat di Event mereka yaitu Festival Indonesia 2017 pada tanggal 4-6 Agustus 2017. Singkat cerita pada saat akhir rapat Bapak Dwi sebagai perwakilan Disperindag  berbicara bahwa untuk keikutsertaan Surabaya di dalam event ini tergantung dari keinginan para pengusaha mengikuti event ini dan konfirmasi di tunggu sampai akhir Mei 2017. Setelah pulang dari rapat tersebut kami mempertimbangkan Opportunity and Risk  ketika ikut event tersebut, dan kita juga meminta sara dari fasilitator fasilitator yang benar benar tau tentang kami yaitu Pak Agus Junaedi dan Pak Bagus Andris Lesmana, menurut pendapat mereka kita harus ambil peluang tersebut karena perkembangan permintaan dan konsumsi kopi disana sangatlah tinggi ini bisa jadi peluang kita untuk menjajahi pasar Russia dan mereka menyemangati  kami bahwa selagi masih muda harus tambah tambah pengalaman untuk mengikuti International exhibition .  Akhirnya pada Hari H penentuan keikutsertaan berbekal doa orang tua dan saran saran dari para fasilitator kami memutuskan untuk memenuhi undangan untuk menjadi perwakilan Surabaya di event tersebut.

Setelah kami menyatakan dapat memenuhi undangan menjadi perwakilan Surabaya, kami melakukan Research Market  di Moscow, sekiranya kopi apa yang mereka butuhkan, apakah produk yg sejenis dengan produk kami sudah terpasarkan disana, kebiasaan meminum kopi orang Russia seperti apa, apakah mereka menyukai sesuatu bercampur dengan rempah, kondisi cuaca disana. Menjelang H-1 Bulan FI (Festival Indonesia) Disperindag mengadakan Rapat Koordinasi lagi persiapan menjelang acara, di rapat tersebut kami baru mengetahui bahwa satu satunya perwakilan Surabaya adalah hanya Perusahaan Kampoeng Arab Indonesia padahal sebelumnya banyak perusahaan perusahaan yang lebih senior dan berpengalaman dari kami, tetapi dengan takdir yang Allah berikan hanya kami yang menjadi perwakilan Surabaya. Tambahlah spirit dan kebanggaan kami karena kami menjadi satu satunya perawakilan Surabaya di event international ini. Alhamdulillah kami juga dapat dukungan dari Universitas Ciputra berupa 50% dana dari total dana pengeluaran kami selama di Moscow.

Layaknya quotes dari Uncle Ben (Karakter paman Spiderman) ”With Great Power Comes Great Responsibility” kami menjadi “wajah” Surabaya di Festival Indonesia 2017 nanti, kami memiliki tanggung jawab untuk tidak membuat malu kota Surabaya.

Pada saat pameran di buka pada tanggal 4 Agustus 2017 keadaan venue sudah sangat ramai, acara yang baru dibuka pada jam 14:00 sudah di penuhi oleh warga Moscow yang sangat antusias sekali. Acara yang rencana nya mulai dari jam 14:00-21:00, tapi tidak untuk kami. Kami memulai jualan pukul 14:30 dan alhamdulillah tidak sampai pukul 18:00 barang kami hampir habis terjual. Akhirnya kami memutuskan untuk menutup stand kami, karena jika di teruskan barang akan habis di hari pertama dan tidak ada lagi barang yang dapat di jual di hari pameran berikutnya. Selama pameran berlangsung kami menambah pengetahuan dari segi bahasa, kami dapat belajar belajar sedikit bahasa Rusia untuk sekedar hanya menjelasakan produk kami dan penyebutan harga, dan selain itu kami mengetahui bahwa masyarakat masyarakat Moscow sangat menyukai produk kami, terbukti alhamdulillah barang kami habis ludes tanpa tersisa. Padahal range harga yang kami tawarkan pada pameran tersebut 3 kali lipat lebih tinggi dengan harga Indonesia. InshaaAllah dari pembeli pembeli tersebut ada yang tertarik untuk eksport produk kami.

Sekian apa yang bisa kami sampaikan. Apa yang kita dapat di pameran ini tak lepas dari bantuan dari Allah, ridho orang tua, support dari para fasilitator,  Rektorat Universitas Ciputra dan juga Pemkot Surabaya.

 

 

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.